Desain dan Tradisi dalam Rumah Jepang

loading...

Desain rumah Jepang sebagian besar terbuat dari bahan kayu, meskipun pada jaman sekarang telah lebih banyak ditemukan bangunan dengan kontruksi modern yang terbuat dari beton dan tiang baja.
Namun ada beberapa hal yang tetap menjadi ciri khas desain rumah Jepang, apa saja? mari lanjutkan membaca.

Rumah Jepang

Salah satu tradisi yang tetap dipegang di Jepang adalah adanya Genkan atau jalan masuk, dimana pada batas tersebut orang membuka sepatu, dan menggantinya dengan sandal jika masuk rumah, atau kembali memakai sepatu jika hendak meninggalkan rumah.

Kemudian ada ruang khusus dengan lantai beralas tatami, atau sebuah tikar tebal berbahan jerami.

Yang unik dari tatami adalah akan terasa hangat pada musim dingin, dan terasa sejuk pada musim panas, itulah mengapa tatami tetap digunakan sejak sekitar 600 tahun lalu.

Tradisi dalam rumah

Orang Jepang mengucapkan tadaima ただいま yang berarti, "saya pulang" saat memasuki rumah dan disambut penghuni rumah dengan ucapan Okaerinasai  おかえりなさい atau Okaeri おかえり yang berarti "selamat datang kembali".

Kemudian mereka mengucapkan itterasshai 行ってらっしゃい yang bisa berarti "hati-hati di jalan" kepada orang yang akan meninggalkan rumah, dan dibalas dengan Ittekimasu 行って来ます, yang mempunyai arti, "saya berangkat" oleh orang yang akan meninggalkan rumah.

Desain

Dari sisi desain sendiri, desain luar rumah Jepang telah banyak terpengaruh oleh desain barat, sehingga akan lebih sulit untuk menemukan rumah dengan desain Jepang asli.

 

Semua artikel Hikan Sakura terproteksi,
dilarang keras mengambil sebagian atau seluruh bagian posting tanpa ijin dan menyertakan sumber (link hidup dofollow)
Setiap pelanggaran akan diproses melalui DMCA takedown.

Atas