Mengenal Jepang Melalui Tulisan

Mengenal Jepang Melalui Tulisan | Jepang merupakan negara yang cukup dikenal oleh masyarakat Indonesia, mulai dari kalangan anak usia sekolah sampai orang dewasa sekalipun.
Negara tersebut memiliki daya tarik tersendiri, misalnya bagi anak usia sekolah pastinya banyak diantara mereka yang mengidolakan tokoh manga buatan Jepang yang disiarkan oleh televisi dalam negeri. Sementara bagi golongan muda, selain manga, kebanyakan tertarik oleh musik Jepang dan dorama, makanya tidak jarang kita temukan band-band anak SMA yang meniru gaya-gaya band terkenal di Jepang

Belajar mengenal Jepang Melalui Tulisan

Selain dari sisi kebudayaan, Jepang juga banyak menarik minat golongan muda yang ingin menimba ilmu di negeri matahari terbit tersebut. Berbagai beasiswa mulai dari pendidikan jenjang S1 sampai S3 banyak disediakan oleh pemerintah Jepang bagi warga asing yang ingin kuliah di sana.
Disamping mengejar beasiswa, banyak pula warga Indonesia yang pergi ke Jepang untuk bekerja demi mendapatkan pengalaman dan tingkat kesejahteraan yang tinggi, mengingat ekonomi di Jepang jauh lebih maju dibanding Indonesia.

Ketertarikan masyarakat Indonesia pada aspek-aspek tersebut tentunya secara tidak langsung membuat mereka ingin mengenal Negara Jepang lebih dalam lagi, dan pastinya untuk mengenal lebih dekat, masalah pentingnya menguasai bahasa Jepang menjadi faktor terpenting yang tidak bisa dipungkiri lagi.

Bahasa Jepang memang terkesan gampang-gampang susah untuk dipelajari oleh mayoritas masyarakat. Kebanyakan mengeluh mengenai sulitnya memahami partikel pelengkap kalimat seperti partikel untuk membuat kalimat tanya misalnya, bahkan dari hal-hal dasarnya saja, seperti menghafal alfabet atau huruf-huruf yang digunakan dalam bahasa Jepang -meliputi hiragana, katakana, dan kanji- terkadang cukup dirasa menyulitkan bagi mereka yang baru memulai belajar bahasa Jepang

Bila kita bandingkan 26 huruf dalam bahasa Indonesia dengan hiragana saja, hanya berjumlah kurang lebih setengahnya dari jumlah huruf hiragana yaitu sebanyak 46 huruf, jumlah tersebut belum lagi ditambah dengan kanji yang jumlahnya lebih dari 2000 huruf.

Bagaimana, masih ingin lanjut belajar bahasa Jepang?

Jangan khawatir, ingatlah bahwa segala sesuatu yang kita kerjakan butuh proses dan perjuangan ekstra keras demi mendapatkan hasil maksimal. Semuanya berawal dari rutinitas, kalau kita pintar membagi waktu dan memiliki semangat pantang menyerah, maka tidak menutup kemungkinan pada akhirnya kita bisa menguasai bahasa Jepang secara perlahan-lahan.

Cobalah dari hal yang sederhana dengan menghafal beberapa kanji baru setiap harinya. Misalkan 2 sampai 3 kanji setiap hari, maka kita bisa menguasai 14 – 21 kanji baru/minggunya. Kita bulatkan saja misalkan 20 kanji setiap minggu, dalam waktu 1 bulan (4 minggu) kita bisa menguasai kurang lebih 80 kanji, dan dalam 1 tahun (12 bulan) sebanyak 960 kanji.
Dengan begitu, tanpa terasa kita sudah bisa menguasai hampir 2000 kanji dalam waktu 2 tahun, waktu yang terbilang cukup singkat, tetapi jika sanggup menghafal lebih banyak tentu lebih baik.

Minna-san, sedikit terbayang bukan? Semakin kita menguasai tulisan Jepang, maka semakin kenal pula dengan negara Jepang.

Jya, ganbarimashou!!!

iwan ridwan img Iwan Ridwan
About the Guest Author:
Artikel ini ditulis oleh Iwan Ridwan
Penulis dari blog Nihongo Indonesia
Jika anda rasa artikel ini bermanfaat, anda bisa memberi dukungan terhadap penulis melalui tombol share di bawah.
Ingin tulisan anda juga dipublikasikan di sini? silahkan baca caranya di menjadi guest blogger di http://hikansakura.blogspot.com

 

Semua artikel Hikan Sakura terproteksi,
dilarang keras mengambil sebagian atau seluruh bagian posting tanpa ijin dan menyertakan sumber (link hidup dofollow)
Setiap pelanggaran akan diproses melalui DMCA takedown.

Atas