-->

Kalimat Sapaan dalam Bahasa Jepang

Kalimat sapaan dalam bahasa Jepang, atau greeting in nihongo, jika kita andaikan suatu hari kita berkunjung ke Jepang dan hendak menyapa ataupun di sapa oleh orang Jepang yang terkenal karena keramahannya, anda tentu ingin menyambut keramahan mereka dengan baik juga, tapi bagaimana jika anda tidak tahu caranya?


Sapaan dalam Nihongo


greeting in japan
Mari kita mulai pelajaran kalimat sapaan dalam bahasa Jepang kali ini, kita mulai dengan membayangkan anda bertemu dengan seseorang di pagi hari, dengan penuh percaya diri, anda mengucapkan ;

おはようございます  Ohayōgozaimasu

yang berarti " selamat pagi ", perhatikan tulisan  おはようございます , jika anda membuka daftar huruf hiragana, anda akan menemukan tulisan tersebut ditulis
o-ha-yo-u-go-za-i-ma-su ,
apakah memang diucapkan seperti membaca ohayougozaimasu ? tidak, tapi anda cukup mengucapkan kalimat tersebut seperti anda membaca tulisan ohayo gozaimas , perhatikan 2 huruf u yang hilang dari kalimat tersebut.

Kalimat Ohayōgozaimasu merupakan kalimat formal, anda bisa menyingkatnya menjadi hanya Ohayō jika yang anda temui adalah teman anda atau orang yang lebih muda, namun tidak ada salahnya jika anda tetap menggunakan kata  Ohayōgozaimasu, anda tidak akan merusak suasana jika anda berbicara sopan atau formal di acara atau situasi yang tidak formal, namun anda akan mengacaukan semuanya, jika anda melakukan kebalikan. 

Lanjut, anda melanjutkan aktifitas anda, dan waktu pun beranjak siang, seseorang mendekati anda dan tersenyum mengucapkan ;

こんにちは  Kon'nichiwa,

apa yang harus anda katakan untuk membalasnya? sederhana, balaslah dengan ucapan  こんにちは , ya, anda ucapkan  Kon'nichiwa juga.

Kon'nichiwa mempunyai arti " selamat siang ", namun juga bisa berarti " hay ", jika arti yang ke dua yang di maksud, maka anda bisa mengucapkan Kon'nichiwa kapan pun, walau sebenarnya cukup jarang diucapkan pada pagi hari.
Bagaimana mengucapkan kon'nichiwa? yang satu ini merupakan pendapat pribadi saya, buat para sensei dan senpai, 間違いがあれば、すみません.., hehe..

Saya pribadi mengucapkan kon'nichiwa, seperti membaca tulisan koniciua.

Waktu pun beranjak malam, dan jika suasana sudah mulai berubah gelap, maka sapaan pun akan berubah, kali ini anda akan mengucapkan ;

こんばんは  konbanwa 

yang berarti selamat malam, anda dapat membacanya seperti anda mengucapkan kalimat kombaua

Berhubung sudah terlalu panjang, tulisan mengenai kalimat sapaan dalam bahasa Jepang ini saya cukupkan ke 3 kalimat di atas saja dulu ya, untuk kalimat sapaan yang lain akan menyusul saya tulis nanti, terima kasih telah membaca sapaan dalam bahasa Jepang, semoga bermanfaat.

Satu hal yang harus anda tahu, kalimat sapaan di Jepang sangat tergantung pada kapan kalimat tersebut diucapkan, dan seberapa akrabnya anda dengan lawan bicara anda.

 

Semua artikel Hikan Sakura terproteksi,
dilarang keras mengambil sebagian atau seluruh bagian posting tanpa ijin dan menyertakan sumber (link hidup dofollow)
Setiap pelanggaran akan diproses melalui DMCA takedown.

Atas