Pengertian dan Fungsi Huruf Hiragana

loading...

Ada 4 huruf yang bisa kita gunakan untuk menulis tulisan dalam bahasa Jepang, mereka adalah hiragana, katakana, kanji dan romanji. Pada posting kali ini saya akan memperkenalkan salah satu dari 4 huruf tersebut, yaitu huruf hiragana.

Huruf hiragana adalah huruf dasar untuk belajar bahasa Jepang, dulunya dikenal sebagai onna de (女手) atau 'tulisan wanita' karena biasanya digunakan oleh kaum wanita, namun semenjak abad ke 10 masehi, huruf hiragana mulai digunakan secara umum.

Fungsi huruf Hiragana


Huruf Hiragana memiliki 3 fungsi dasar yaitu ;

  • membentuk imbuhan dalam kalimat (disebut “okurigana”)
  • menjelaskan bacaan kanji (disebut “furigana”)
  • menuliskan partikel dan honorific

Berikut penjelasan dari 3 fungsi tersebut,

Huruf Hiragana sebagai Okurigana.


Okurigana 送り仮名 , berarti kata yang mengikuti, dalam fungsi ini, huruf hiragana ditulis mengikuti huruf kanji, untuk menjelaskan arti dari kanji tersebut.

Kita ambil contoh dari huruf kanji 上 (atas), yang akan berubah artinya jika di ikuti oleh huruf hiragana , menjadi ;

上がる (agaru)
"memanjat/menyelesaikan", 上 dibaca "a"

上る (noboru)
"memanjat/naik", 上 dibaca "nobo"

Huruf Hiragana sebagai Furigana

Furigana 振り仮名 , pada fungsi ini huruf hiragana ditulis mengikuti huruf kanji untuk menjelaskan pelafalan, jika dalam tulisan mendatar, atau disebut yokogaki, huruf hiragana ditulis di atas huruf kanji, sedangkan pada tulisan menurun atau tategaki, huruf hiragana terletak di samping huruf kanji.

furigana
img src {http://sora9n.wordpress.com/2008/12/12/mengenal-huruf-kana-1-hiragana/}

Fungsi hiragana sebagai furigana ini biasanya banyak kita temui dalam bacaan anak anak, di mana anak anak belum terlalu mengenal huruf kanji.

Furigana juga sering ditulis di papan nama stasiun kereta api selain huruf romanji, untuk membantu cara membaca nama stasiun tersebut. Selain itu, furigana dipakai dalam peta untuk membantu pelafalan nama-nama tempat yang tidak umum.

Hiragana untuk menulis partikel dan Honorific

Semua partikel dalam bahasa Jepang ditulis menggunakan huruf hiragana,penjelasannya akan saya bahas di posting saya mengenai partikel dalam bahasa Jepang.

Honorific, atau penyebutan perorangan, juga ditulis dengan huruf hiragana, contohnya seperti menulis san, kun, chan, dan tan. Untuk mengenal fungsi honorific ini, silahkan anda baca cara memanggil nama dalam bahasa Jepang.

Sebenarnya, masih sangat panjang penjelasan mengenai huruf hiragana ini, namun ada baiknya saat ini anda mempelajari tentang huruf hiragana dengan membuka posting saya yang berjudul daftar huruf hiragana.

 

Semua artikel Hikan Sakura terproteksi,
dilarang keras mengambil sebagian atau seluruh bagian posting tanpa ijin dan menyertakan sumber (link hidup dofollow)
Setiap pelanggaran akan diproses melalui DMCA takedown.

Atas