-->

Membuat kalimat dengan Bahasa Jepang

Dalam menyusun kalimat dengan bahasa Indonesia, anda mungkin sudah terbiasa dengan pola S-P-O-K atau subjek - predikat - objek - keterangan, lalu apakah menyusun kalimat dengan bahasa jepang juga mempunyai pola yang sama? Mari kita sama sama belajar membuat kalimat dengan bahasa Jepang.

Susunan kalimat bahasa Jepang

Tidak seperti bahasa Indonesia atau bahasa Inggris, pola kalimat dalam bahasa Jepang memiliki pola standar sebagai berikut ;
Membuat kalimat bahasa jepang
  • KALIMAT STANDAR.

1. Subjek - wa - Objek - o - Predikat/kata kerja (mengenai "wa" dalam pola ini, bisa anda baca pada artikel saya mengenal partikel wa)

Contoh ;
わたしわてれびおみています
Watashi wa terebi o mite imasu
Saya menonton tv


2. Subjek - wa - predikat

Contoh;
わたしわおよぎます
watashi wa oyogimasu
Saya berenang

3. Keterangan waktu - Subjek - wa - Objek - o - Predikat

Contoh;
今日私はテレビを見ています
Kyō watashi wa terebi o mite imasu
Hari ini saya menonton TV

4. Subjek - ga - keterangan waktu - wa - predikat

Contoh;
日本が今は秋です
Nihon ga ima wa akidesu
di Jepang sekarang sedang musim gugur

5. Subjek - wa - keterangan - no - objek - o - predikat

Contoh;
私は日本の辞書を読んでいます
Watashi wa Nihon no jisho o yonde imasu
Saya sedang membaca kamus bahasa Jepang


  • KALIMAT TAK BER OBJEK

1. Kalimat positif = Subjek - wa - Subjek - desu

Contoh;
あゆみは歌手です
Ayumi san wa kashu desu
Ayumi adalah seorang penyanyi

2. Kalimat negatif = Subjek - wa - subjek - dewa nai

Contoh;
あゆみは歌手ではない
Ayumi wa kashu dewa nai
Ayumi bukan seorang penyanyi



  • KALIMAT TANYA

1. Subjek - wa - Subjek/kata benda - desu ka/masu ka

Contoh;
あなたは先生ですか
Anata wa sensei desuka
Apakah anda seorang guru?

  • KALIMAT JAWAB

1. Kalimat jawab positif = Hai - Subjek/kata benda - wa - Subjek/kata benda -desu/masu

Contoh;
はい、私は先生です
Hai, watashi wa sensei desu
Ya, saya seorang guru

2. Kalimat jawab negatif = Iie - Subjek/kata benda - wa - Subjek/kata benda - janai/dewa arimasen/masen

Contoh;
いいえ、私は先生じゃない
Īe, watashi wa sensei janai
bukan, saya bukan seorang guru

Pola kalimat di atas hanyalah pola kalimat sederhana, masih banyak pola kalimat yang lain, namun untuk saat ini saya rasa cukuplah kita hafalkan bersama sama pola kalimat dalam menyusun kalimat dalam bahasa Jepang di atas.
Semoga bermanfaat.

 

Semua artikel Hikan Sakura terproteksi,
dilarang keras mengambil sebagian atau seluruh bagian posting tanpa ijin dan menyertakan sumber (link hidup dofollow)
Setiap pelanggaran akan diproses melalui DMCA takedown.

Atas