-->

Mengenal arti Kata Sensei

Ada 3 kalimat, atau boleh dikatakan gelar yang belakangan ini sering ditanyakan di kolom komentar hikansakura, mereka adalah sensei, senpai dan kohai.

Apakah arti sensei, senpai, dan kohai? mari kita bahas artinya satu persatu.

Arti sensei

Melalui artikel ini kita akan membahas arti kata sensei terlebih dahulu.

Sensei 先生 ,  terdiri dari dua kalimat, sen yang berarti "lebih dahulu" dan sei yang memiliki arti "terlahir" atau "hidup", membuat kalimat sensei secara harafiah memiliki arti "orang yang terlahir atau hidup terlebih dahulu".

Lebih umum digunakan pada sebuah perguruan bela diri untuk memanggil orang yang lebih ahli atau orang yang melatih -atau guru-, namun berbeda dengan pengertian "guru" menurut istilah barat, di Jepang, sensei menunjukkan seseorang yang memiliki keahlian dalam melakukan sesuatu, dan memiliki kemampuan mengajari, atau dapat diartikan seorang master, sementara guru mungkin hanya memiliki pengetahuan teori.

Gelar sensei ini mempunyai arti penting, bahkan tertulis dalam sebuah buku kuno dari china, Li Tie (Buku ritual).
"Ketika kamu berada dengan sensei-mu, jangan berpindah untuk berbicara dengan orang lain, jika kamu berpapasan dengan sensei-mu, hampiri dan berikan hormat, jika sensei-mu bertanya, jawab dengan hormat, jika dia tidak berbicara, maka diamlah".

Apakah sensei berarti guru?

Melihat pada arti kalimat dan sejarahnya, sensei belum tentu berarti guru namun dapat diartikan guru.
Seseorang tidak perlu menjadi guru untuk dipanggil sensei, karena kalimat sensei sendiri lebih bermakna penghormatan, hingga siapapun yang kita anggap memiliki keahlian dan kemampuan untuk membagikan keahliannya bisa kita panggil sensei.

Bagaimana menggunakan kata sensei?

Seperti umumnya penggunaan kata gelar, sensei bisa digunakan sebagai akhiran, contohnya, Budi-sensei, untuk memanggil Bapak Budi, atau sederhana cukup memanggilnya sensei.

Semoga arti kata sensei yang saya bahas pada artikel kali ini dapat membantu kamu yang sedang belajar bahasa Jepang, jika ada sanggahan atau kamu punya pendapat lain, silahkan pergunakan kotak komentar, atau kamu dapat membantu share artikel ini jika berkenan.
Goshinsetsu ni Arigato..

 

Semua artikel Hikan Sakura terproteksi,
dilarang keras mengambil sebagian atau seluruh bagian posting tanpa ijin dan menyertakan sumber (link hidup dofollow)
Setiap pelanggaran akan diproses melalui DMCA takedown.

Atas