Mengenal 4 Jenis Huruf dalam Tulisan Jepang

Ada 4 jenis huruf yang digunakan dalam tulisan Jepang, mereka adalah romanji atau romawi, kanji, huruf hiragana, dan huruf katakana.

Apa saja perbedaan dan fungsi huruf-huruf Jepang tersebut? mari kita pelajari di artikel kali ini.

Huruf Jepang

Berikut penjelasan dan perbedaan dari 4 jenis huruf yang digunakan untuk menulis tulisan dalam bahasa Jepang.

Romanji

Meskipun cukup jarang digunakan, namun huruf romanji atau romawi seperti huruf yang kita gunakan sehari-hari dipakai oleh orang Jepang terutama untuk berkomunikasi dengan orang asing yang kesulitan memahami huruf kanji, hiragana, maupun katakana.

Huruf kanji

Huruf kanji awalnya berasal dari China, namun seiring perkembangan waktu, kini bentuk kanji jepang berbeda dengan tulisan China.
Huruf kanji adalah huruf yang digunakan untuk menulis hampir semua kalimat non serapan dalam bahasa Jepang. Karena jumlahnya yang banyak (hampir sekitar 2000 huruf), huruf kanji cukup sulit namun sangat penting untuk dipelajari dan dihafal.

Huruf hiragana

Kalimat dalam bahasa Jepang biasanya ditulis dengan menggabungkan huruf kanji dan hiragana, dulu huruf hiragana dikenal dengan sebutan onna de (女手) atau 'tulisan wanita' karena lebih sering digunakan menulis oleh wanita.

Untuk lengkapnya, silahkan buka fungsi huruf hiragana, dan baca juga daftar huruf hiragana lengkap.

Huruf Katakana

Merupakan jenis huruf dalam tulisan Jepang yang digunakan untuk menulis kalimat-kalimat serapan dari bahasa asing, nama nama Jepang, nama kota atau tempat di luar Jepang, menuliskan bunyi atau suara binatang.

 

Semua artikel Hikan Sakura terproteksi,
dilarang keras mengambil sebagian atau seluruh bagian posting tanpa ijin dan menyertakan sumber (link hidup dofollow)
Setiap pelanggaran akan diproses melalui DMCA takedown.

Atas